Mahasiswa KPI UINAM Sukses Gelar PPL 2020 di TERKINI.ID

  • 28 Agustus 2020
  • 01:48 WITA
  • Administrator
  • Berita

ejumlah mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) telah selesai melaksanakan Pengenalan Praktek Lapangan (PPL) di Terkini.id Makasar.

Hal itu terlihat pada tanggal 28 Agustus 2020 dilaksanakannya penarikan mahasiswa PPL di Terkini.id Makassar.

PPL itu sendiri merupakan salah satu program mata kuliah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keahlian mahasiswa dalam bidang jurusannya.

Seperti yang dikatakan Jalaluddin Basyir selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di Terkini.id, bahwa PPL itu untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas mahasiswa.

“Saya pikir PPL di Terkini.id itu adalah yang positif dalam meningkatkan kapasitas dan pengetahuan mahasiswa. Terkhusus mahasiswa yang konsen dalam bidang pemberitaan online,” ujarnya.

Alumni Universitas Gajah Mada (UGM) itu juga berharap semoga kedepannya kerjasama atau kemitraan tetap ada,mengingat transformasi dari konvensional ke online itu sangat pesat.

Sejalan dengan itu Muhammad Yunus selaku pembimbing praktek juga mengatakan bahwa Terkini.id hadir untuk menfasilitasi.

“Terkini.id hadir untuk menfasilitasi teman-teman PPL dan memperlihatkan bagaimana cara kerja redaksi Terkini.id. Selebihnya teman-teman harus aktif agar mendapatkan apa yang mereka inginkan disini,” ujar pimpinan redaksi (pimred) Terkini.id Makassar itu.

Seperti yang diketahui media merupakan pilar keempat dari demokrasi.

Dimana media memiliki tanggung jawab kepada publik salah satunya adalah dalam dunia pendidikan.

Hal itu termaktub dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran dalam pasal 4 mengenai fungsi dari media.

Selaras dengan itu Fatur selaku mahasiswa PPL mengatakan bahwa Terkini.id sudah melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih kepada pihak Terkini.id terhadap ilmu yang diberikan. Dan menurut saya itu sesuai dengan kedudukan dan fungsinya,” ujar mahasiswa asal Selayar itu.

Pelaksanaan PPL tersebut dilaksakan satu bulan lebih, terhitung sejak tangga 13 Juli 2020 hingga 28 Agustus 2020 dan diikuti oleh empat mahasiswa KPI,UINAM.

Penulis : Ikky Z 

Editor : Faizal Afandi