Teliti Gaya dan Fashion Influencer dalam Menyebarkan Dakwah di Instagram, Mahasiswa KPI Raih Gelar Sarjana

  • 09 Juli 2024
  • 10:38 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa (KPI) - Ilham Setiawan, Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, sukses melaksanakan ujian Munaqasyah (tutup) Pada Rabu, 3 Juli 2024. Pukul 10.00 WITA

Ujian Munaqasyah Skripsi yang dilaksanakan di ruang Ujian Lab. Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini merupakan suatu ujian akhir mahasiswa dengan karya tulis ilmiah yang diajukan sebagai Ujian akhir (Tutup)  dengan Judul Penelitian "Persepsi Mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar Terhadap Gaya dan Fashion Taqy Malik di Instagram” berhasil menghantarkan Ilham setiawan Meraih gelar Sarjana Sosial pada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Taqy Malik hadir di Instagram sebagai pembuat materi atau biasa disebut konten kreator yang sering berbagi rekaman tentang berbagai praktek dan kegiatan, dari mempresentasikan pengajian hingga eksperimen sosial, dan juga kegiatan kajian- kajian Islami dengan teman-temannya. Nama Taqy Malik sendiri memang sudah dikenal di kalangan generasi milenial muslim belakangan ini.

Penelitian ini membahas tentang persepsi mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar terhadap gaya dan fashion Taqy Malik di Instagram, yaitu bagaimana persepsi mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar terhadap gaya dan fashion Taqy Malik di Instagram dalam menyebarkan pesan dakwah.

Ilham setiawan Menjabarkan bahwa Penelitian ini menggunakan pendekatan Komunikasi Massa, dimana sumber data penelitian berasal dari mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Persepsi mahasiswa KPI angkatan 2020 terhadap gaya dan fashion Taqy Malik di Instagram dalam menyebarkan pesan dakwah yaitu: Gaya dan fashion Taqy Malik menarik perhatian, gaya dan fashion Taqy Malik sesuai ajaran islam, gaya dan fashion Taqy Malik cocok untuk generasi milenial, gaya dan fashion Taqy Malik sesuai tren saat ini dan gaya dan fashion Taqy Malik terlihat khas tradisional dan moderen.

penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang preferensi gaya dan fashion dan tren mode di kalangan mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar. Dengan memahami bagaimana gaya dan fashion Taqy Malik di Instagram dipercaya dan diterima oleh mahasiswa KPI, penelitian ini dapat membantu pengembangan strategi dakwah yang lebih efektif dalam menjangkau dan berinteraksi dengan audiens target mereka. Penelitian ini juga dapat memberikan wawasan tentang bagaimana gaya dan fashion dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkuat identitas keagamaan dan keterhubungan dengan pesan-pesan dakwah. Hal Ini menyoroti pentingnya penggunaan gaya dan fashion sebagai alat untuk membangun kesadaran agama di tengah- tengah mahasiswa. 

Ujian yang di ketua oleh Aguswandi, S. Sos., M. I. Kom, dihadiri juga oleh dosen penguji, yaitu Drs. Alamsyah, M. Hum dan Prof. Dr. H. Firdaus Muhammad, MA., serta pembimbing Dr. Hj.Sitti Asiqah Usman Ali.,Lc.,M.Th.l dan Mudzhira Nur Amrullah, S.Sos, M.Si. (Ilh).