Mutia Husnah: Strategi Penyiar Programa 2 RRI Makassar dalam Menarik Kawula Muda pada Program ‘Sore Ceria’

  • 20 Desember 2023
  • 01:00 WITA
  • Jurusan KPI Bersatu
  • Berita

Gowa (KPI) - RRI Makassar sebagai bagian dari jaringan RRI memiliki peran yang sangat vital dalam menyampaikan informasi yang aktual, dapat dipercaya, serta sebagai sarana yang menginspirasi dan menyampaikan pesan dakwah kepada masyarakat. Dalam upaya menjalankan tanggung jawabnya tersebut, RRI Makassar memiliki beberapa program unggulan, salah satunya adalah program 'Sore Ceria' yang tayang di Programa 2 96,8 FM.

Programa 2 RRI Makassar bukan hanya sekadar penyedia informasi, tetapi juga berfungsi sebagai wadah untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan, moralitas, dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menyajikan informasi seputar kesehatan, agama, teknologi, gaya hidup, berita politik dan ekonomi, RRI Makassar berhasil menjadi pilihan utama masyarakat untuk mendapatkan hiburan dan informasi yang berkualitas.

Pada hari Rabu, 20 Desember 2023, telah dilaksanakan Ujian Seminar Hasil yang dipimpin oleh Mudhzira Nur Amrullah, S. Sos., M.Si sebagai Ketua Sidang sekaligus Pembimbing I. Dr. Irwanti Said, M.Pd turut hadir sebagai anggota dewan penguji. Ujian ini merupakan bentuk evaluasi terhadap kualitas program 'Sore Ceria' yang menjadi fokus penelitian.

Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam penelitian tersebut adalah program unggulan RRI Makassar, yakni 'Sore Ceria'. Program ini mengudara pada pukul 16.00-20.00 WITA dan membahas tentang gaya hidup anak muda. Keunikan dari program ini adalah pelaksanaannya secara live maupun taping dari studio RRI Makassar Programa 2 96,8 FM.

Para penyiar 'Sore Ceria' memiliki peran kunci dalam menarik perhatian kawula muda. Mereka tidak hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai sosok kreatif dan interaktif. Adopsi pendekatan kreatif dan interaktif melibatkan pendengar dalam segmen program dan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan interaksi menjadi bagian integral dari strategi inovatif yang diimplementasikan.

Tujuan dari strategi ini sangat jelas, yaitu menyesuaikan diri dengan preferensi dan minat kawula muda, meningkatkan daya tarik program, serta memperluas audiens. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Penyiar Programa 2 RRI Makassar menggunakan beberapa strategi untuk menarik perhatian kawula muda pada program ‘Sore Ceria’ yaitu, mereka menghadirkan narasumber berprestasi di bidangnya seperti putra putri SulSel, MUA Makassar, putra pariwisata SulSel dan melakukan promosi di Platform media sosial, penentuan musik yang sesuai serta menyosialisasikan kegiatan positif pada kawula muda (ist).

Berita Terkait

AKREDITASI JURUSAN KPI A

  • 15 November 2024
  • 15:08 WITA

AKREDITASI JURUSAN KPI UNGGUL

  • 15 November 2024
  • 15:07 WITA

AKREDITASI KAMPUS UINAM A

  • 15 November 2024
  • 15:06 WITA

AKREDITASI KAMPUS UINAM UNGGUL

  • 15 November 2024
  • 15:05 WITA