Penelitian live Streaming Youtube RRI Makassar, Hantarkan Rijalul Fikri Raih Gelar Sarjana Sosial

  • 09 Juli 2024
  • 01:46 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa (KPI) - Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melaksanakan Ujian Muaqasayah (Tutup) mahasiswa Pada Rabu, 3 Juli 2024. Pukul 10.00 WITA.

Seminar yang berlangsung di Ruang Jurusan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan didampingi Dosen Penguji Haidir Fitra Siagian, S. Sos., M. Si., Ph. D dan Hj. Andi Fauziah Astrid, S. Sos., M. Si serta dosen pembimbing Dr. Irwanti Said, M. Pd berhasil mengharntarkan Rijalul Fikri berhasil memperoleh gelar Sarjana Sosial pada Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan judul penelitian "Strategi Penyiaran Live Streaming Youtube Programa 1 RRI Makassar".

Penelitian Rijalul Fikri membahas tentang Strategi Penyiaran live streaming youtube programa 1 RRI Makassar, dimana penelitian ini berfokus untuk menjawab rumusan masalah yaitu Bagaimana strategi penyiaran live streaming youtube RRI Makassar dan hambatan penyiaran live streaming youtube programa 1 RRI Makassar.

Rijalul Fikri Mengemukakan bahwa penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar, dengan pendekatan penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan komunikasi massa. Dalam penelitian ini data yang disusun berdasarkan dari hasil berbagai sumber seperti, wawancara, dokumentasi dan juga observasi di lokasi penelitian. 

Hasil penelitian Rijalul Fikri ini menujukkan bahwa strategi penyiaran live streaming youtube RRI Makassar yaitu 1). Melakukan Promosi di Platfrom Media Sosial Promisi radio dimedia sosial mengacu pada strategi yang digunakan oleh stasiun radio untuk mempromosikan diri mereka dan konten mereka kepada audiens yang lebih luas melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. 2) Penentuan konten live streaming Youtube Programa 1 RRI Makassar dimulai dengan identifikasi target audiens. Memahami siapa yang menonton adalah langkah pertama yang krusial. Informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat audiens perlu dikumpulkan dan dianalisis. 3). Melakukan kerja sama dengan Instansi Pemerintah Kerja sama radio dengan instansi, baik pemerintah maupun non-pemerintah, merupakan upaya strategis untuk mencapai tujuan bersama melalui kolaborasi dan sinergi. 4). Menyabarkan informasi melalui youtube pun mempunyai berbagai macam hambatan, begitupun dengan hambatan yang dialami oleh programa 1 dalam live streaming youtube yaitu: Kurangnya internet yang bagus bisa menjadi kendala dalam upload video ataupun live streaming.

Dari penelitian ini dapat diharapkan, dengan adanya program ini masyarakat semakin gemar mendengarkan radio khususnya di live streaming youtube atau bahan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan penelitian ini dapat berfungsi sebagai panduan, referensi, serta sumber informasi bagi pembaca dan acuan dalam studi terkait strategi penyiaran. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis sebagai sumber informasi untuk mereka yang tertarik dalam berbagai penelitian dalam ilmu komunikasi (Rij).