Menghadiri Wisuda, Puncak Kebahagiaan Orang Tua

  • 29 November 2023
  • 08:20 WITA
  • Administrator
  • Berita

Gowa (KPI) Setiap orang tua yang memahami arti pentingnya dunia pendidikan, pada umumnya akan berusaha sekuat tenaga untuk menyekolahkan anak-anaknya sampai ke tingkat perguruan tinggi. Letih dan berbagai rintangan dalam mencari biaya sekolah anak-anaknya, tidak terasa dan akan berbuah manis ketika tiba saatnya memanen hasil dari usaha yang dilakukannya selama ini.

Terlebih jika anaknya sampai ke tahap yang dinanti-nantikan, yakni mengikuti wisuda. Wisuda merupakan upacara peneguhan atau pelantikan bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan di universitas atau perguruan tinggi lainnya. Bagi kalangan akademik, wisuda merupakan penanda lulusnya mahasiswa yang telah menempuh masa belajar. Para dosen dan pimpinan universitas pun turut berbahagia atas pencapaian ini.

Pada umumnya dalam prosesi wisuda,  orang tua dan keluarga wisudawan akan hadir menyaksikan penganugerahan gelar kesarjanaan kepada anaknya. Mereka rela datang dari tempat yang jauh bahkan meninggalkan pekerjaannya untuk sementara waktu. Pada hari wisuda ini, boleh dikatakan sebagai bagian dari puncak kebahagiaan seorang orang tua.

Karena dia telah merasa berhasil mengantarkan anaknya mencapai jenjang pendidikan tinggi. Bahwa tidak semua orang tua berkesempatan untuk menghadiri prosesi wisuda. Meskipun ada anaknya yang kuliah, belum tentu yang bersangkutan dapat menghadiri wisuda, tentu karena ada halangan atau alasan lainnya.

Pada hari ini UIN Alauddin Makassar menggelar wisuda periode Nopember 2023. Terdapat sekitar 900 orang mahasiswa yang akan diwisuda dari berbagai fakultas dan program studi. Para orang tua wisudawan sudah mendatangi kampus. Tidak semua memang dapat memasuki ruangan, karena keterbatasan tempat.

Bagi mereka yang tidak sempat masuk ke dalam ruangan, tentu memiliki momen untuk menikmati suasana di dalam kampus. Mereka tetap berbahagia bersama keluarga mengambil gambar di berbagai sudut kampus. Ini adalah momen yang tidak selalu terjadi. Sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tampak lapangan kampus UIN Alauddin Samata sudah penuh dengan berbagai pernak-pernik wisuda. Para orang tua dan keluarga wisudawan kelihatan dengan jelas  memenuhi lapangan untuk mengambil gambar bersama. Termasuk bergambar di depan rektorat dan sekitar kolam air mancur. Selamat kepada orang tua, keluarga dan pada wisudawan yang diwisuda pada hari ini (hfs).