Prof. Hasyim Aidid Berpulang Ke Rahmatullah, UIN Alauddin Makassar Berduka

  • 29 November 2023
  • 09:28 WITA
  • Administrator
  • Berita

Innaalillaahi wa inna ilaihi raajiun. Hari ini UIN Alauddin berduka. Telah berpulang ke Rahmatullah  Prof. Dr. H. Hasyim Aidid, M.A., semalam (Selasa, 28 Nopember 2023) dalam usia 77 tahun di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Tamalanrea Makassar. Informasi ini beredar di berbagai media sosial, salah satunya datang dari mantan Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Musafir Pababbari di akun media sosialnya.

Kepergian beliau tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh keluarga dan termasuk pula keluarga besar UIN Alauddin Makassar. Semua orang mengenang jasa dan kebaikan almarhum.

Prof. Hasyim adalah salah satu guru besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar. Meskipun beliau sudah pensiun, namun keberadaannya di lingkungan kampus masih sangat terasa. Hal ini  karena almarhum termasuk pribadi yang gemar berbagi ilmu pengetahun dan menyebarluaskan informasi. Beliau masuk ke dalam beberapa kelompok percakapan dalam lingkungan UIN.

Alharhum lahir di   Masamba, Kabupaten Luwu (sekarang Luwu Utara), 23 April 1946.  Menyelesaikan pendidikan tinggi  pada Fak. Syariah IAIN Alauddin Makassar. Kemudian Magisternya diperoleh di  Australian National University (ANU) Canberra, Australia. Dan program doktor diperoleh pada Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Sebelum pensiun, almarhum tercatat sebagai guru besar tetap pada Fakultas Syariah dan Hukum dengan golongan/pangkat terakhir Pembina Utama IV/e.

Penulis sendiri pernah beberapa kali berinteraksi langsung dengan almarhum. Sering mengirim pesan langsung kepada saya untuk berbagai hal. Yang tak kalah pentingnya adalah almarhum juga adalah salah satu informan penelitian saat menulis tesis, untuk menyelesaikan studi di Universiti Kebangsaan Malaysia. Beliau memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dengan sangat antusias.

Semoga Allah Swt. menerima segala amal ibadahnya dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. Insya Allah (Haidir Fitra Siagian).

Foto : istimewa