Penelitian Mahasiswa KPI: Mahasiswa Muslim dapat Mempengaruhi Dakwah melalui Instagram

  • 25 Januari 2024
  • 01:31 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar kembali melaksanakan seminar proposal mahasiswa pada Kamis (25/01/2024)

Seminar proposal mahasiswa yang dilaksanakan di ruang jurusan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini menjadi pendorong untuk meningkatkan mutu prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. 

Salah satu mahasiswa yang mengikuti seminar kali ini, adalah Ilham Setiawan yang mengajukan judul Persepsi Mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar terhadap Gaya dan Fashion Taqy Malik di Instagram. 

Seminar yang di ketua oleh Haidir Fitra Siagian, S. Sos.,M. Si.,Ph.D dihadiri juga oleh dosen penguji, yaitu Drs. Alamsyah, M. Hum dan Dr. Firdaus Muhammad, MA., serta pembimbing Dr. Hj.Sitti Asiqah Usma Ali.,Lc.,M.Th.l dan Mudzhira Nur Amrullah, S.Sos, M.Si.

Taqy Malik hadir di Instagram sebagai pembuat materi atau biasa disebut konten kreator yang sering berbagi rekaman tentang berbagai praktek dan kegiatan, dari mempresentasikan pengajian hingga eksperimen sosial, dan juga kegiatan kajian- kajian Islami dengan teman-temannya. Nama Taqy Malik sendiri memang sudah dikenal di kalangan generasi milenial muslim belakangan ini.

Taqy Malik yang lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini memiliki lebih dari 2,5 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 678 ribu pendukung di kanal Youtube-nya. Diusianya yang masih muda, Taqy Malik adalah hafidz Al-Qur'an dan ia menjadi salah satu ikon generasi muslim muda.

Mahasiswa sebagai generasi muslim muda tentunya memiliki peran penting dalam mempengaruhi dakwah di Instagram, dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana untuk memberikan edukasi agama yang lebih modern, menyajikan informasi tentang nilai-nilai Islam dengan cara yang menarik, mudah dipahami, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. 

Dengan demikian, mereka dapat memberikan dampak positif dalam upaya menyebarkan nilai-nilai dakwah pada media sosial Instagram, Salah satunya seperti dengan kemasan tren gaya dan fashion Taqy Malik dalam menyebarkan pesan dakwah.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmiah dan menambah wawasan baik bagi peniliti sendiri maupun bagi mahasiswa khususnya mahasiswa pada jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (Zul).